Assalammu'alaikum..!! Selamat Datang teman2.. Let's enjoy your reading.. Don't forget to leave your comment or your footprint in the chatBox! so I can visit you back..^^v
RSS

Monday, January 24, 2011

Kenalin nih... Kaizen..^^

liburan gini..pikiran melayang ke mana-mana...

dan hinggaplah di jendela...[eitts...emang burung kakak tua.. -__-"]

dan hinggaplah ingatan saya di saat mengikuti ESQ 165 beberapa minggu yang lalu..
sayup-sayup terlintas salah satu kata yang membekas sekali di hati saya..."kaizen...."
apa itu 'kaizen'?? ato siapa?? :p

dari namanya aja udah bisa ditebak, 'Kaizen' berasal dari mana...
dari Tuban...!!

Yaaa!! anda benar-benar salah...hahahahaha... __ __"

Bukanlaah, Kaizen itu asalnya dari Jepang..!!
dan Kaizen itu bukan nama orang....hehehehe...

Berhubung saya tergila-gila banget sama yang namanya Jepang...makanya saya pengen cerita sedikit tentang si kaizen ini..^^

Kaizen itu merupakan salah satu top secret-nya orang Jepang sehingga bisa jadi Macan Asia seperti sekarang ini..
jadi mereka menganut filosofi Kaizen ini untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam kehidupan sehari-hari.


Kaizen dipopulerkan oleh Masaaki Imai melalui bukunya Gemba Kaizen pada tahun 1986. Kaizen sebenarnya merupakan sebuah konsep atau mindset, agar orang selalu berpikir dan berusaha membuat lebih baik dari yang sudah ada, dengan melakukan pengamatan di tempat kerja atau Gemba. Kaizen merupakan salah satu kunci sukses keunggulan bersaing produk Jepang di dunia!!

Kaizen terdiri dari 2 suku kata, Kai yang berarti 'merubah' dan Zen yang berarti 'lebih baik'.
Secara sederhana, Kaizen dapat diartikan sebagai usaha perbaikan berkelanjutan untuk menjadi lebih baik daripada kondisi saat ini. Namun ada juga sih..orang-orang yang menyebutnya Kaizen Teian --> sistem perbaikan terus menerus..
Jadi intinya Kaizen teian adalah sistem perusahaan yang dilakukan dalam rangka perbaikan terus menerus untuk mencapai kondisi yang lebih baik dari hari ini, sehingga dapat membawa napas baru dalam setiap perusahaan/organisasi.

Sepertinya kalo lihat artinya, biasa saja yaa... kayak pelajaran PPKn..hehe
Tapi mengapa Kaizen dapat membuat orang menjadi luar biasa???
Jawabannya adalah karena konsep pemikiran Kaizen yang tidak biasa --> konsepnya adalah bahwa setiap orang, AHLI pada pekerjaannya masing-masing. Setiap orang dianggap luar biasa pada bidang kerjanya masing-masing. 
Karena itu, setiap orang diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan upaya untuk  melakukan perbaikan yang berhubungan dengan pekerjaannya..^^

Satu lagi hal yang menarik dari Kaizen...
bahwa dalam sistem Kaizen ini melibatkan SEMUA orang... kalo misalnya di perusahaan, [biasanya memang sistem ini lebih banyak diterapkan di perusahaan, terutama perusahaan2 berbasis Jepang..] maka akan melibatkan mulai dari manajer sampai karyawannya pada level paling bawah... gak pandang bulu, semua harus memberikan yang terbaik untuk perusahaan... [so sweeeet..]
Lalu Kaizen itu juga mengandalkan pengamatan di tempat kerja, dilakukan dengan biaya yang cukup murah, serta berhasil meningkatkan keunggulan bersaing produk di bidang mutu dan harga..!!! --> sugoiii..><

Toyota, perusahaan otomotif raksasa Jepang... siapa yang gak kenal??? 
Toyota merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan Kaizen dalam mengatur kinerja pegawainya..
Tiap tahun, Toyota menerima 2 juta ide dari para karyawannya!! --> luar biasa kaan??
daan... sebanyak 80% ide tersebut berhasil direalisasikan!! --> super luar biasa...!!!
timbal baliknya apaa??? ---> hemat uang dan waktu, para karyawan pun semakin SEMANGAT bekerja, karena melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan... [bentar, ini kan juga 'diterapkan' di negara kita yaa... kan ini mirip-mirip demokrasi...hohoho...tapi kok???]

Nah, berikut ini 5 ELEMEN DASAR Kaizen :
1. Teamwork --> kerja sama tim!!!
2. Personal dicipline
3. Improved morale --> luar biasa bukan??? semua diawali dari moral...^^
4. Quality circle
5. Suggestion for improvement --> dengan kata lain 'niat utk jadi lebih baik'... subhanallah...

Di luar itu, masih ada 3 KUNCI POKOK Kaizen :
a. elimination of waste and inefficiency --> buang yang jelek..
b. Kaizen 5-S framework --> seiri (kerapian), seiton (ketertiban), seiso (kebersihan), seiketsu (standarisasi kebersihan), shitsuke (disiplin).... [sithake dan sizuka gak masuk ya??heehe..] 
c. standarisasi


Sebenarnya orang Indonesia juga sudah sangat mengenal Kaizen loh... tapi mungkin kalo di negara kita, Kaizen ini lebih dikenal dan digunakan sebagai motto saja...hehehe... 
"Hari ini harus lebih baik dari kemaren, dan besok harus lebih baik dari hari ini."

harapan kita sih, semoga itu tidak hanya sekedar motto yang hanya sering diucapkan saja..
tapi akan lebih baik lagi kalo bisa DILAKSANAKAN dalam kehidupan sehari-hari.. iya gaak?? ^^
gak usah ngomong perusahaan dulu deh... dimulai dari pribadi masing-masing aja...
sudahkah kita disiplin?
sudahkah kita tertib?
sudah baikkah moral kita??

dengan pribadi yang berkualitas, kita bisa menjadikan negara kita menjadi negara yang berkualitas juga!
INDONESIA BISA!!! ^^


Special thanks to :
Allah SWT
ESQ 165, Bpk Aleysius (andaluarbiasa.com), Palimirma (managementfile.com), valuebasedmanagement.com
dan seluruh bangsa Indonesia...!! I love you full...because Allah SWT..^^

0 comments:

Post a Comment