Assalammu'alaikum..!! Selamat Datang teman2.. Let's enjoy your reading.. Don't forget to leave your comment or your footprint in the chatBox! so I can visit you back..^^v
RSS

Wednesday, June 8, 2011

TA...oh TA...

kemaren adalah hari pertama saya mengerjakan TA yang sudah lama terpinggirkan gara2 jadwal kuliah yg lumayan padat...
fiuuuh... TA sungguh membuat pusing...
TA apaan siih??

bagi semua mahasiswa tingkat akhir di Brawijaya University, mengerjakan TA adalah WAJIB hukumnya!! titik! --> berarti kalo gak dikerjakan, dosa.. ==a
TA itu kepanjangannya adalah Tugas Akhir...alias skripsi gitu..
dan itu merupakan syarat utama agar saya bisa ikut yudisium dan mendapat gelar Sarjana Kedokteran.. [kereeen!! tapi jalan untuk mendapatkannya juga sangat kereeen.. >,<]

jujur saja..
saya ini bukan mahasiswa peneliti alias mahasiswa yang gemar bereksperimen.. kalo bereksperimen dengan games, lukisan, atau makanan saya suka, tapi kalo dengan bakteri, tikus, dan sejenisnya.. sumpah! saya awam 100%!

kalo boleh diitung, saya 'masuk' laboratorium itu cuman 5 kali..
di lab kimia, fisika, dan biologi waktu praktikum jaman SMA..
di lab anatomi waktu ujian anatomi..
dan di lab klinik waktu cek kesehatan..hahahaha..

jadi jangan heran kalo saya benar-benar nol persen tentang hal-hal yang berbau laboratorium..

nah kok skarang ini saya mengambil Mikrobiologi sebagai tema TA..
yang artinya, saya bakalan menghabiskan hari-hari lebih lama di laboratorium mikrobiologi..bercanda dengan bakteri-bakteri MRSA..hahaha...
padahal..
saya tidak tau sama sekali tentang yang namanya 'ngelab'.. [istilah yg dibikin mahasiswa ketika melakukan penelitian di laboratorium]

seperti kemaren pagi..
walopun saya memang sudah menuliskan semua prosedur di proposal penelitian, tapi tetep saja itu hanya sebuah teori..
saya tetep gak bisa membayangkan apa itu dilusi tabung, dilusi agar, difusi cakram...dan lain sebagainya..
kalah jauh dari teman-teman lain yang sudah sangat ekspert dan memahami betul istilah2 tersebut...
semuanya terasa asing di telinga..hasssh...

rasanya saya sedang berada di planet lain... dan ketemu mahluk-mahluk asing dengan bahasa planetnya..
sumpah! rasanya seperti buta huruf...hahaha...
temen-temen saling ngobrol membahas sesuatu gitu, rasanya saya mendengarkan percakapan dengan bahasa asing..
tolah-toleh... plonga-plongo... BLANK.. zoooooonk... haiiiish.. [dasarnya lemot sih.. XP ]

sempat terbesit di benak, duuuh..ngapain sih susah-susah membiakkan kuman.. kan sumber penyakit..
mending membiakkan tanaman obat atau apalah yang lebih berguna..hahaha..
dasar pemikiran anak kecil.. >,< --> karena dasarnya saya memang gak suka yang namanya ribet..

lalu saya ingat kata-kata Dokter Onggung waktu ngasih kuliah anatomi dulu,
"kerjakan apa yang kamu sukai.. kalau tidak suka, lebih baik jangan dipaksakan."

dan disinilah saya..
terjebak dengan sesuatu yang tidak saya sukai... tapi bedanya, saya tetap harus memaksakan diri untuk melakukannya..

mungkin semua memang butuh proses...
ini kan baru permulaan...
siapa tau, dengan berjalannya waktu..saya malah akan jatuh cinta dengan ngelab dan laboratorium beserta tetek bengeknya..
yah... siapa tau.. [walau kemungkinannya 0,00000000001%..hehehe]

lagian saya kan juga suka nulis.. lumayanlaah buat dipakai nulis TA..
masalahnya saya suka nulis cerita yang ringan, bukan nulis jurnal yang isinya super berat..
salah-salah.. nanti isi TA saya malah jadi cerita humor... hadeeeeewh.... __ __"

apalah itu..
yang saya butuhkan sekarang adalah mencari spirit.. semangat untuk mengerjakan TA..
dan yang gak kalah penting,
berusaha 'mencintai' laboratorium!!!
karena saya tau, sesuatu itu akan memberikan hasil yang maksimal jika kita melakukannya dengan sepenuh hati..
dan sepenuh hati itu didapatkan dari hati yang senang dan ikhlas..^^

bismillah..
Ya Allah, berilah petunjuk pada hambamu yang lemah ini..
amiiiiiiin ya robbal alamiiiin..

doakan saya ya!!! hehehe..^^

4 comments:

Sema said...

Allah yardımcın olsun... =)

anin said...

thank you..
I don't really understand turkey language..

but, I know what do you mean.. I guess..^^

Sema said...

Whether God wrote the aide... =))

anin said...

teşekkürler...^^

Post a Comment