Assalammu'alaikum..!! Selamat Datang teman2.. Let's enjoy your reading.. Don't forget to leave your comment or your footprint in the chatBox! so I can visit you back..^^v
RSS

Tuesday, August 30, 2011

Ied Mubarak, Jaga Ukhuwah Islamiyah dalam Perbedaan :)


الله اكبر- الله اكبر- الله اكبر لااله الاالله والله اكبرالله اكبر ولله الحمد


Allaahu akbar.. Allaahu akbar.. Allaahu akbar.....
Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil - hamd




Lebaran udah datang lagi..
alhamdulillah..


tapi untuk kesekian kalinya lagi, lebaran kali ini juga beda...
pemerintah emang mengatakan 1 Syawal jatuh tanggal 31 Agustus, tapi ada beberapa masyarakat Indonesia yang sudah merayakan Idul Fitri hari ini alias tanggal 30 Agustus 2011..


entahlah... yang pasti semua orang punya alasan dan dasar dalam menentukan 1 Syawal itu sendiri.. :)
yang saya tanyakan adalah...
kenapa hal seperti ini hanya terjadi di Indonesia???
dan lagi... perasaan dulu juga Idul Fitri selalu serentak di seluruh Indonesia, kenapa sekarang gak??
apanya yang salah...??
bukankah standard dalam menentukan kapan 1 Syawal jatuh itu, sejak dulu selalu sama?? 


saya ini orang bodoh yang awam 100% tentang perhitungan hilal dan rukyat..
saya memang gak tau apa-apa tentang itu, 
maka dari itu saya ingin tahu dan belajar biar saya ngerti dan gak bingung lagi mau ikut lebaran kapan...
dan kalo ada masalah kayak gini, orang-orang awam seperti sayalah yang paling bingung.. T___________T




kalo mengikuti sidang isbat kemaren di tv, setiap orang punya standard sendiri-sendiri dalam penentuan 1 Syawal..
ada yang hilal di atas ufuk harus > 2 derajat.. ada yang begini...ada yang begitu...
sumpah... saya gak nyambung..
dan semuanya mengatakan [dan saya juga percaya..] semuanya punya dasar masing-masing.. baik hadis maupun al quran..
jadi semuanya benar! hahahaha..


tapi pasti ada standardnya kan??? 
masa'kalo jaman dulu ada banyak metode dalam perhitungan hilal dan rukyat, kok ya gak pernah beda Idul Fitrinya???


jujur dari lubuk hati yang paling dalam [cieeh..]
saya sedih kalo lebaran gak serentak gini, sangat sedih!!
bahkan umat seagama aja, yang punya hari raya sama... kenapa harus merayakan kemenangan itu sendiri-sendiri???
bukankah kemenangan itu harusnya kita rayakan bersama dengan penuh suka cita???


tapi sekali lagi..
ini masalah keyakinan... dan ini mutlak tidak bisa dipaksakan.. [tsaah..]
tapi kan keyakinan kita sama?? ==" [jadi bingung saya... ini keyakinan yang mana lagi??]


dan tahun ini, saya memutuskan untuk ikut idul fitri tanggal 30 Agustus, yaitu hari ini [beda dari pemerintah..], karena saya merasa yakin.. 
bukankah bagi orang awam seperti saya ini, hanya keyakinan dan naluri yang bisa jadi pegangan.. -___-"  


saya bukan pengikut ormas islam manapun..
saya mengikuti apa yang saya anggap benar.. :)


oh iya..
saya juga paling gak suka kalo ada orang yang bilang..
"wah, kamu lebaran sekarang ya.. berarti kamu 'ormas islam' ini dong???"


apa hubungannnya lebaran sama ormas islam???
apa hubungannya lebaran dengan politik??


saya UMAT ISLAM.. itu satu hal yang pasti!
jadi gak ada hubungannya Idul Fitri dengan ormas A, B, atau C.. T___T
sumpah..ini juga membuat saya gak kalah sedih... 


bahkan dalam Islam sendiri pun, kita [tanpa sadar..??] sudah gak kompak..
Astaghfirullah.. pengen nangis rasanya..


sudahlaah..
terlepas dari itu semua..
yang namanya Idul Fitri, kita mutlak gak boleh sedih.. :')
ini hari spesial, kemenangan kita setelah kurang lebih 30 hari berperang melawan hawa nafsu..


terlepas dari itu semua...
harapan saya..
walaupun lebaran beda hari, tetapi kita tidak pernah melupakan bahwa kita semua tetap satu saudara seiman dan seagama..
jangan sampai perbedaan 'kecil' ini merusak ukhuwah Islamiyah yang telah terjalin begitu erat sejak jaman Rasulullah..^^
amiiiiin ya robbal alamiiin..


sekali lagi..
SELAMAT IDUL FITRI
dari saya pribadi..
mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan yang pernah saya perbuat baik sengaja maupun tidak..^^
semoga kita masih bisa bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan, dan merayakan kemenangan lagi secara bersama-sama
semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada Rasulullah dan kita semua..
amiiin ya robbal alamin.. ^^

0 comments:

Post a Comment