Assalammu'alaikum..!! Selamat Datang teman2.. Let's enjoy your reading.. Don't forget to leave your comment or your footprint in the chatBox! so I can visit you back..^^v
RSS

Monday, April 22, 2013

Koas IKA : Heal with Hell (?)


kali ini aku mau cerita tentang koasku saat di Ilmu Kesehatan Anak.. yang baru saja berakhir 3 minggu yang lalu..
boleh dibilang ini bagian yang paling hell sejauh ini aku menjalani koas..



tidak seperti IPD yang 3 bulan, lab IKA ini juga lab besar tapi waktunya 2 bulan..
haha.. 2 bulan yang rasanya seperti 2 tahun..
ok, aku gak melebih-lebihkan tapi aku memang tidak 'berbakat' di lab ini..
selama 2 bulan aku gak menikmati sama sekali stase di bagian anak..
tapi di postingan ini, aku akan menceritakannya seobjektif mungkin.. yaa kadang ada subjektifnya laaah yaaa..hahaha

pertama, lab ini secara garis besar ilmunya sama kayak penyakit dalam tapi pasien yang ditangani masih anak-anak..
batasnya sampai umur 15 tahun..
dan secara garis besar, aku suka ilmunya...secara kayak IPD kan yaa..
tapi the BIG PROBLEM adalah aku gak terlalu bisa menghandle anak-anak!!
bukan aku benci anak-anak [well..kita semua pernah jadi anak-anaklah yaa..jadi maklum] tapi sejujurnya..
aku benar-benar gak bisa menangani anak-anak... aku termasuk pribadi yang terlalu dingin dan kaku menghadapi anak-anak..
gak kayak teman-teman yang lain, mereka bisa begitu sabar dan telaten menghadapi anak-anak.. aku?? hahaha.
boro-boro.. baru liat aku aja, anak-anak udah pada nangis.. itu belum nempelin stetoskop ke dadanya..
bisa teriak-teriak tuh pasien anak..hahaha.. hufffh..

kedua, meskipun aku 'terlihat' berhati dingin dari luarnya...
tapi sejujurnya hatiku ini lembut dan hangat kayak sinar matahari pagi.. [hueeks..XD]
aku paling gak tega liat anak-anak apalagi bayi-bayi yang masih kecil 'ditusuk-tusuk' jarum..
kasian tau!
pembuluh darah sekecil dan serapuh itu, kulit yang masih halus dan tipis.. harus dipasang infus dan sebagainya..
belum lagi kalo infusnya harus lebih dari satu.. ada yang dipasang di kaki, ditangan... haduuuh, kayak robot penuh kabel..><
gak tega!!
adeeek, kenapa kamu sakit seeh?? yang sehat gitu lo, saat anak2 itu saat yang paling indah..
saat-saat bermain dan berlari sama temen-temennya, bukan malah tergolek tak berdaya di rumah sakit.. T___T

ketiga, IKA terlalu banyak tekanan.. dan butuh kesabaran ekstra BANGET!!
pokoknya kalo GG [alias gaduh gelisah], gampang panik, mudah marah, gak sabaran... mending jangan ndaftar jadi PPDS anak deh
ntar yang ada pasiennya gak sembuh, malah nyusahin koas sama perawat.. aheeem! [benerin jas lab.. ampun yee, gak maksud nyindir]
kenapa butuh ekstra sabar??
karena sesungguhnya pasien IKA itu bukan hanya si anak yang sakit saja, tapi juga orang tuanya..
coba temen-temen kalo yang udah jadi orang tua, pasti tau rasanya.. ^^
orang tua mana yang gak cemas anaknya sakit, kadang malah si anak yang sakit gak cemas sama sekali karena masih belum ngerti keadaannya dirinya..
semua orang tua pasti mau terapi dan pelayanan yang terbaik untuk anaknya..
apapun dilakukan, bahkan uang pun dihutangkan demi kesembuhan anaknya.. iya gak??
makanya gak jarang terjadi ketegangan antara orang tua pasien anak dengan beberapa tenaga kesehatan..

orang tua marah ke dokter atau perawat karena merasa anaknya tidak bisa diselamatkan padahal dokter sudah melakukan semuanya
sesuai prosedur... atau terkadang terjadi kesalahpahaman karena kurangnya penjelasan dokter terhadap ortu pasien..
hal seperti ini sering terjadi...
masalahnya apa??
KOMUNIKASI!! yaa.. kurangnya komunikasi yang baik antara dokter dan keluarga pasien..
ok let see..
dokter capek, ortu pasien juga capek.. kita semua sama-sama lelah, capek jiwa raga...
tapi dalam hal ini, [menurutku siiih ya... menurutku lo ini..] kita sebagai dokter [eh..calon dokter juga.. :p] kudu profesional
disaat capek karena stase, ditambah jaga.. [RS jadi rumah tercinta..] kita harus tetap SABAR dan SADAR dalam memberi
pengertian dan penjelasan prosedur kepada keluarga pasien.. serewel apapun keluarganya..

ya aku ulangi lagi.. orang tua mana sih yang gak cemas, panik, takut liat anaknya tergeletak sakit di rumah sakit??
didalam pikiran para orang tua ini, pasti sudah muncul kemungkinan-kemungkinan terburuk tentang masa depan anaknya..
mereka tidak bisa disalahkan.. tapi SEKALI LAGI, kita sebagai dokter.. juga gak ada dokter yang mau melukai pasiennya.. :)
jadi kitalah yang harus mengalah...
sejenak mengesampingkan ego kita...
sejenak menghalau capek pikiran ketika didepan keluarga pasien...
masalah dimarahi supervisor... itu urusan belakangan.. hahaha XD

jadi kita ingat sekali lagi... di Ilmu Kesehatan Anak, pasien yang ditangani gak cuma satu tapi ada tiga..
si anak, ayah, dan ibunya..

itulah kenapa aku gak mau jadi spesialis anak..
aku merasa belum bisa menjadi orang yang ekstra sabar.. ^^
spesialis yang lain aja ya niiin... ^^

buat semua PPDS Anak, Hwaiting!! :D


0 comments:

Post a Comment