Assalammu'alaikum..!! Selamat Datang teman2.. Let's enjoy your reading.. Don't forget to leave your comment or your footprint in the chatBox! so I can visit you back..^^v
RSS

Thursday, September 4, 2014

Internship

tadinya lagi browsing-browsing, tiba2 dapet kabar tentang internship
udah ada kejelasan sih, kira-kira bakal brngkat bulan apa
tapi keberangkatan itu mundur..
katanya dulu Juni berangkat... terus diundur Agustus... terus diundur lagi Oktober..
dan yang terbaru diundur lagi November...
hampir setahun dong saya nganggur.. sediiih bgt!


Oke..
yang belum tahu internship itu apa.. aku jelasin dikit ya..
Jadi "internship" itu program pemerintah untuk dokter-dokter yang baru lulus program profesi dan telah dinyatakan lulus dalam ujian kompetensi dokter indonesia.
Dokter-dokter baru ini tidak bisa langsung mendaftar di RS/instansi lainnya selama tahun pertama bekerja. Mereka harus mengikuti program pemerintah ini.. ya internship ini..
Selama setahun mereka kerja dibawah pemerintah, ditempatkan di RS-RS atau Puskesmas yang ditunjuk oleh pemerintah pusat (dalam hal ini, IDI/KIDI/dan sejenisnya), serta digaji oleh pemerintah..
Istilah gampangannya, magang setahun-lah gitu

Nah dari penjelasan singkat di atas, sepertinya enak-enak aja kan.. gak ada masalah dong..
Kan enak gak perlu cari kerja setelah lulus, soalnya langsung diambil pemerintah..
Kayak ikatan dinas gitu kan..
hahaha.. pasti banyak orang akan berpikir seperti itu..
apalagi selama ini, citra Dokter dimata masyarakat adalah pekerjaan mulia yang menjanjikan kesejahteraan hidup yang sangat baik..
iya kaan?

Iya kalau semua sistem itu dikelola dengan baik dan transparan, serta tidak njimet bin mumetisasi..

Masalahnya adalah,
Pihak penyelenggara internship ini sepertinya belum siap mengadakan program internship ini...
Namun tetap dipaksakan untuk dijalankan..
Ya hasilnya, gini ini jadinya.. serba tdk pasti..
Itu dari sudut pandangku lo yaa, saya kan wong cilik yang gak tau apa-apa yang sedang terjadi di atas sana..
saya tahunya ya kita diulur-ulur nggak berangkat-berangkat

terus ada pertanyaan lagi dari temen, "loh, kan sambil nunggu internship knp gak nyari kerja aja?"
hahahaha... pertanyaan bagus..

well.. seadainya bisa, sudah dari sebelum lulus saya ngelamar-ngelamar kerja..
SEANDAINYA BISAAAA... *poker face*
dan seandainya bisa, saya pasti gak sestress ini jugaa..
enjoooy ajaaa...
SEANDAINYAA BISAAAA LOO..

jawabannya gak bisa.. bisaa sih ngisi-ngisi klinik gitu..
tapi klinik tertentu ajaa.. biasanya klinik milik dosen/dokter yang kita kenal gitu boleh..
secara kita kan belum punya STR, jadi modalnya cuman ijasah doang..
cuma segelintir klinik yang nerima ijasah aja untuk dokter yg ngelamar kerja..
biasany mintanya STR sama transkrip nilai jugaa..

kalo kamu nanya, kenapa gak ngelamar di perusahaan/rumah sakit2 gitu.. haha,, are you kidding?
dengan modal ijasah aja, ya susaah.. (kalo gak mau bilang gak bisa..)

oke, skarang timbul pertanyaan baru..
STR apa sih?
STR itu singkatan dari Surat Tanda Registrasi dokter.. jadi alurnya, setelah kita dinyatakan lulus ujian kompetensi, kita akan dapet SerKom (Sertifikat Kompetensi).
Nah dengan SerKom ini, kita baru bisa ngurus STR..
Nah kalo STR udah terbit, kita resmi tercatat sebagai dokter di Indonesia dan boleh melamar kerja dan yang lebih menggembirakan... sudah boleh BERANGKAT INTERNSHIP..
udah boleh buka praktek di rumah juga dong??
jawabannya.... sayang sekali belum.. hahaha
kalo kita mau buka praktek di rumah, ada lagi yang harus diurus.. namanya SIP.. Surat Ijin Praktek..
ini ngurusnya lain lagi.. tp saya nggak mau ngebahas SIP dulu ya.. lha STR aja belum beres nih.. hehe..

Jujur aja, saya nggak tau apa yg sedang terjadi di atas sanaa..
SerKom saya yang seharusny udah terbit tgl 8 Juli, baru dikirim ke rumah itu tgl 30 Agustus.. sebulan lebih!
Mungkin karena rumah saya jauh dari Jakarta??
haha.. kok semua seangkatan baru dapetnya juga tgl 29-31 itu?
eh bukan semua siih... ada beberapa yg udah dapet lebih dulu..
bahkan STRnya udah keluar..
entahlah, mungkin mereka "punya kepentingan yang lebih mendesak" sehingga bisa dapet duluan..
well...
saya gak mau membahas urusan orang lain.. LOL..

saya tidak masalah sama dokter-dokter yang udah dapat STR duluan dsb..
cuman yang saya sesalkan itu, mana transparansinya..
kenapa semuanya seolah-olah sengaja ditutup-tutupi dan dibingungkan.. diputar-putar..
sehingga kebingungan dimana-mana..
katanya teman sejawaaaat.. kok gak saling mempermudah urusan sih..
jujur, saya kecewa berat!
kecewa sama pelayanan dan proses birokrasi di Indonesia yang tak kunjung dapat diperbaiki..
bukan Indonesia yang salah... hanya ulah beberapa oknum saja yang sudah jadi penyakit kronis dan mendarah daging.. T___T

bayangkan..
menganggur hampir setahun lamanya itu bukan waktu yang singkat...tanpa bisa berbuat apa-apa
saya tahu, banyak orang yang punya masalah seperti ini di Indonesia.. bahkan lebih parah dari saya..
profesi guru honorer juga berat.. (kata teman saya)..
semua emang punya permasalahan sendiri-sendiri..
pertanyaannya.. mau sampai kapaaaan kayak gini???
pemilu... ganti-ganti presiden sdh (mau) 7 kali, tapi tetep aja gak berubah...

yang kecil makin miskin, yang kaya makin kaya..
mana sila ke-5 Pancasila itu? apa sekedar kata yang dijadikan pajangan?


saya tidak tahu harus menceritakan unek-unek ini ke siapa lagi.. tapi saya juga tidak tahan untuk memendam terus di dalam hati..
semua orang hanya bisa berkata 'sabaar..'
iyaa.. memang itu SATU-SATUNYA yang bisa saya lakukan selain berdoa..
tapi maaf, cadangan kesabaran saya sudah habis!
adakah yang peduli dengan itu? hahaha..

semoga Indonesia segera ditangani orang-orang yang lebih baik dan menjadi lebih baik..
semoga ini bukan hanya angan-angan..
semoga!

2 comments:

devi ^^ said...

Amin ya robbal alamin, semoga indonesia menjadi lebih baik, merdeka!!! :-D

anin said...

Merdeka mbok!

Post a Comment